Apa Itu Private Blog Network

PBN merupakan  istilah yang digunakan dalam dunia telekomunikasi jaringan. Private Blog Networks atau jaringan – jaringan blog pribadi menjadi bagian penting untuk mendukung kepentingan backlinking dan SEO. Kendali penuh PBN terhadap sumber backlinking serta kemungkinan melakukan penghitungan biaya serta waktu sangat berpengaruh bagi kemajuan sebuah SEO.

Dalam mengelola PBN, resiko yang perlu diketahui adalah kemungkinan PBN mudah dilacak Google sehingga mengarah pada denda. Hal ini dapat terjadi di era Penguin 2.1. Sebagai langkah prefentif, pengelola harus menggunakan jaringan blog untuk indexing backlink dengan nilai kualitas yang terupgrade. Untuk melakukannya, langkah pertama yang harus ditempuh adalah merancang PBN dengan Aged domain method.

Kestabilan hosting yang tidak sama Ips harus terjaga 100%, dan isinya tidak berbeda jauh dari isi sumbernya. Pengelola juga bisa membuat tulisan maupun artikel yang dapat menjadi selingan dengan tingkat keterhubungan yang tinggi (wayback machine). Dalam memilih template, sisipkan juga tautan yang dapat dikaitkan atau mirip template. Baca Juga : Cara Mengoptimasi Wensite Bisnis

Hal yang penting untuk tampilan PBN adalah pengaturan page dengan cara memberikan header, paragraf, gambar,  video, dan pintasan untuk otoritas. Spun dari segi isi dapat dilakukan, namun sebaiknya artikel asli tetap ada. Pembentukan koneksi sebagai upaya menjaga PR aged domain juga sangat penting. Inner page yang berasal dari domain berbeda yang juga memiliki PR dapat dimanfaatkan. Meskipun beberapa kali mengalami perubahan – perubahan, hal ini sangat wajar asalkan tidak sampai terjadi .

Agar PBN dapat terawat dengan baik, pastikan artikel memiliki kualitas terjamin. Kualitas terjamin dapat dilihat dari tingkat originalitas yang tinggi dan keunikan artikel lebih dibandingkan lainnya. Untuk updating, pengelola harus selalu peka dan melakukannya secara berkala dari segi wp menuju versi paling updatetheme, serta plugin.

Rumus dalam PBN :

  1. Web utama menghindar dari teknik link building yang cenderung spam, seperti melakukan blog comment secara brutal.
  2. Web utama hanya mendapatkan backlink dari situs-situs berkualitas.
  3. PBN menjadi guard bagi blog utama. Apabila terjadi apa-apa, maka PBN yang lebih dulu menjadi korban, web utama tetap aman.
  4. PBN mendapatkan backlink secara brutal dengan berbagai teknik yang ada, social bookmark, blog comment, dll.
  5. PBN menyumbang beberapa backlink ke web utama, untuk tujuan menaikkan peringkat di halaman Google.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan PBN :

  1. Menggunakan aged domain sebagai domain yang digunakan untuk membangun PBN.
  2. Memperhatikan sumber backlink yang ada pada aged domain.
  3. Meletakkan PBN pada tempat (IP Address) yang berbeda.
  4. Menjaga PBN terlihat tetap natural.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *