Mengenal Tentang SEO

Mengenal Tentang SEO

SEO, merupakan teknik untuk mengoptimasi  suatu website atau toko online untuk mencapai halaman 1 pada mesin pencari. Saat Anda membuat sebuah blog / website / atau toko online, itu tidak selalu langsung tampil pada halaman 1 pada google, terkadang malah tidak di temukan sama sekali untuk itu banyak pengguna web yang mempelajari SEO atau menggunakan jasa SEO.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan bagian tidak terpisahkan dari website developmentsekarang ini. Sebuah website, bisa saja memiliki desain yang baik, konten yang bermanfaat bahkan memiliki sistem keamanan yang tinggi, namun tanpa SEO yang baik, website tersebut tidak akan mudah ditemukan melalui mesin pencari seperti Google.

Mengapa Menjangkau Target Pasar Lewat Mesin Pencari?

Melakukan pencarian atau googling adalah kebiasaan kita semua ketika ingin mengetahui sesuatu. Dan teman-teman bisa bayangkan, ada lebih dari 3 milyar pencarian terjadi di Google setiap harinya.

Orang-orang yang mencari di mesin pencari kemudian mengklik website yang muncul di halaman hasil pencarian. Website yang muncul di halaman awal, khususnya posisi/ranking teratas, mendapatkan pengunjung lebih banyak, karena semakin rendah posisi di halaman hasil pencarian, apalagi di halaman-halaman selanjutnya, semakin sedikit orang yang melihat dan mengklik.

Menuju Halaman 1 Google

Ya hanya itu yang mereka ketahui tentang SEO tentang halaman 1 google, namun sebenarnya masih ada 9 hal lain yang harus Anda ketahui tentang SEO.  SEO tidak hanya untuk mencapai halaman 1 saja tapi membuat website Anda menjadi mudah ditemukan dengan berbagai macam kata pencarian yang sejenis. Halaman satu terkadang tidak menjadi jaminan tentang website tersebut baik atau tidak, buat apa menjadi halaman 1 bila tidak ada orang yang mencarinya? Untuk mengetahuinya yuk kita simak artikel berikut ini.

SEO Merupakan Proses Jangka  Panjang

Kenapa saya bisa berkata hal demikian? SEO merupakan suatu hal yang memang membutuhkan banyak waktu dan usaha. Bahkan terkadang Anda membutuhkan banyak dana untuk mengoptimasi website Anda dengan menyewa jasa SEO.  Namun jelas hasilnya dengan menggunakan Jasa SEO Anda mendapatkan timbal balik berupa hasil jangka panjang yang dapat menghasilkan traffic yang tertarget menuju website Anda.

Baca Juga : Tools SEO Gratis Dari Google

Inti dari SEO adalah Konten yang Berkualitas

Google mempunyai bot yang setiap perkembangannya memberantantas hal-hal yang tidak “natural” , tinggalkan stuktur format pengulangana keyword berlebih, hilangkan kebiasannya menulis dengan cara SEO. Ingat website Anda dibuat untuk manusia bukan untuk robot, jadi jangan sampai saat pengunjung datang ke website Anda merasa tidak nyaman dengan isi dari konten Anda yang khusus dibaca “ROBOT GOOGLE”

Relevansi adalah Faktor Kuat SEO

Backlink, ya hampir setiap orang berupaya mencari backlink yang sebanyak-banyaknya. Mereka pikir dengan backlink yang banyak juga mempercepat hasil optimasi website mereka. Tinggalkan tekhnik ini sekarang juga !!! Bagaimana membangun website yang kokoh jika dari dari komposisi backlink yang berbeda-beda dan tak sejenis ?Backlink yang baik saat ini hanya yang memang benar-benar berkualitas, tanam “backlink” ke website Anda ke website yang ada kaitannya dengan “Niche” –Kategori website Anda.

Tools SEO Gratis Dari Google

Tools SEO Gratis Dari Google

Untuk trafik dan hasil pencarian organik yang optimal, laman situs milikmu perlu memiliki tool SEO yang baik. Tidak jarang, pilihan tools SEO yang baik juga merupakan tools SEO gratis. Untuk menomorsatukan laman keinginanmu di halaman pertama Google, kamu perlu tahu dulu alat-alat yang bisa membantu kamu.

  1. Google Analytic
    Tool gratis ini (ada yang versi berbayar juga untuk enterprise) sangat berguna untuk mengetahui data-data visitor website Anda, misal:

    a. Jumlah page views

    b. Jumlah new visitor

    c. Jumlah returning visitor

    d. Dari browser apa pengunjung website Anda berasal

    e. Dari mana pengunjung website Anda berasal (dari Google, ketik langsung, atau dari referensi website lain)

    f. Halaman apa yang dikunjungi dan berapa lama

    g. Keyword yang mendatangkan visitor

    h. Dan sebagainya.

  2. Google Search Console
    Dulunya bernama Google Webmaster Tool (GWT), tool gratis yang disediakan langsung oleh Google ini sangat penting dalam memeriksa “kesehatan” website Anda dan melakukan fungsi on-page SEO lainnya, misal:

    a. Apakah ada malware

    b. Apakah Google mengalami kendala dalam crawling dan index website Anda

    c. Apakah ada pelanggaran aturan Google (penalty) saat melakukan link building

    d. Hal-hal yang bisa disempurnakan dalam optimasi meta tag

    e. Apakah sitemap sudah dipasang dengan benar atau masih ada error

    f. Untuk menghilangkan website Anda dari hasil search Google

    g. Untuk mengetahui website apa saja yang melakukan backlink ke website Anda

    i. Dan sebagainya.

  3. Cek Backlink Kompotitor
    Backlink, alias link yang mengarah ke sebuah website, memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam SEO. Jika sebuah website mendapatkan backlink dalam jumlah yang banyak, berkualitas, dan relevan, maka semakin besar potensinya untuk bertengger di halaman pertama  Google.

    Baca Juga : Cara Membuat PBN

  4. Google Custom Search
    Google Custom Search memberikan fitur pencarian di halaman blog kamu seperti mesin pencari Google itu sendiri. ToolSEO gratis ini bisa sangat membantu untuk kamu yang memiliki ribuan konten di blog atau situs kamu, sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan konten yang mereka cari di blog kamu.
  5. Google My Business
    Tools SEO gratis dari Google satu ini cocok untuk kamu yang ingin membangun brand kamu agar semakin dikenal orang dengan menggunakan mesin pencari Google. Dengan tool ini, kamu bisa memasukkan informasi mengenai bisnis kamu ke dalam database Google.

    Sehingga Google akan menampilkan berbagai informasi bisnis kamu saat seseorang mengetikkannya di mesin pencari Google. Informasi tersebut akan ditampilkan dengan menggunakan layanan lainnya seperti Google Maps dan Google Place, terutama untuk kamu yang memiliki bisnis berbasis toko.