Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google

Mesin Pencari Google

Ada triliunan halaman web yang tersedia di web (google bahkan saat artikel ini dibuat menuliskan ada 60 trillion individual pages , dan itu akan terus bertambah), yang sebagian besar memiliki judul halaman sesuai yang diinginkan oleh pemilik/penulis nya. Mari kita lihat bagaimana Google mampu memberikan hasil pencarian yang luar biasa dari ratusan halaman web yang tersedia.

Mesin pencari Google menggunakan perangkat lunak yang biasa dikenal dengan istilah Spider atau Web Crawler untuk mencari data dari berbagai web.

Software Spider atau Web Crawler adalah program yang dibuat agar berjalan otomatis yang menjaring website-website yang ada di internet dan mengambil data-data yang tersimpan didalam miliaran website tersebut dan menampilkan nya ke halaman hasil pencarian berupa link menuju halaman-halaman website tersebut. Googlebot adalah istilah untuk software laba-laba yang digunakan oleh mesin pencari Google.

Mesin pencari dimulai dengan sebuah modul crawler dimana spider/crawler atau googlebot dikirim ke Web untuk menjelajah website-website yang ada. Spider memulai dengan mengambil beberapa halaman web, lalu mereka mengikuti link yang ada pada halaman tersebut dan mengambil halaman yang terkait dan sebagainya, jika anda penasaran bisa melihat contoh sederhana bagaimana kita bisa mendapatkan semua link yang ada pada website hanya dengan PHP.

Ada miliaran halaman yang tersimpan pada ribuan mesin. Spider mengekstrak data yang ada pada setiap halaman  dari setiap situs web dan menyimpan dalam repositori mereka. Kemudian data dikirim ke modul indexing, kemudian dipilah isi dari halaman tersebut dan mengekstrak elemen kunci seperti tag judul, tag deskripsi, data tentang gambar dan link internal. Pada dasarnya, modul indexing (pengindeksan) memberikan ringkasan yang benar-benar intisari dari setiap halaman web, seperti catatan-catatan tertentu. Kemudian data tesebut ditempatkan di dalam database yang disebut Index. Semua kegiatan tersebut berjalan terus sepanjang waktu meskipun permintaan dilakukan oleh user atau tidak. Googlebot akan terus mencari dan mengambil halaman yang dibolehkan (biasanya ada settingan allow dan disallow terhadap aktivitas googlebot ini, googlebot hanya akan mengambil yang dibolehkan oleh sang pemilik web, pengaturan tersebut biasanya dibuat di sebuah file bernama robot.txt).

Google juga akan memilah-milah website yang terindikasi melakukan aktifitas spam, ada beberapa ciri website yang akan dianggap spam oleh google, diataranya yang menyembunyikan teks dan memasang keyword dengan cara curang, website yang membuat konten secara otomatis (dilakukan robot) atau AGC (Auto Generate Content), Parked Domain, dan lain sebagainya.

Ketika Sebuah Permintaan Dilakukan Oleh User

Ketika seorang pengguna mengetikan permintaan/kata kunci di kotak pencarian google, query dipecah menjadi bahasa yang dimengerti oleh mesin. Modul query ini mengekstrak ribuan dan ribuan hasil dikembalikan dari database/index. Pada hasil yang diperoleh, modul pemeringkatan (rank/ranking) digunakan, berlaku rumus untuk menentukan peringkat halaman, peringkat lebih tinggi kemungkinan akan muncul di halaman pertama dan dibaris pertama, dan tentunya google akan menampilkan hasil yang paling relevan untuk para pengguna dalam pemeringkatan ini.

Yang Terjadi Ketika Terjadi Permintaan Pencarian

Bagaimana Google Menyaring Halaman Yang Relevan

Bagaimana Google Melakukan Pemeringkatan

Google mempekerjakan algoritma berbasis link untuk menentukan peringkat dari hasil pencarian. Untuk ini, google akan melakukan pengecekan popularitas link (berapa banyak link yang dimiliki halaman tersebut, dalam arti ada berapa banyak link dari website lain yang mengarah ke halaman web tersebut), reputasi link yang mengarah pun diperhitungkan, apakah link yang mengarah ke halaman website tersebut datang dari website yang memilik popularitas atau ranking yang tinggi juga atau tidak, jika tinggi akan lebih baik efek nya bagi halaman website tersebut, karena bisa menjadi pertimbangan google untuk meningkatkan peringkat halaman web tersebut, oleh karena itulah banyak orang berlomba-lomba memperbanyak backlink dari website berkualitas menuju website mereka. Selain itu google juga menilai apakah link tersebut relevan dengan subjek dari halaman web tersebut dan berbagai faktor lain yang pada akhirnya menentukan pemeringkatan di hasil pencarian. Google menyebut mereka memiliki lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi ranking sebuah website. Google menyukai website yang fresh dan selalu di update, konten berkualitas seperti website jurnalweb.com ini :p, yang kontennya aman, dan lain sebagainya.

Pemeringkatan Website

Saat ini orang berlomba-lomba agar website nya bisa ditemukan di mesin pencari, jika anda seorang pemilik website dan rugu website anda akan di jaring oleh software spider nya google, anda bisa memasukan halaman website anda ke mesin pencari google melalui google webmaster, permudah google dengan membuat sitemap yang berisi link, judul dan tanggal pembuatan halaman, lalu masukan ke repositori google melalui google webmaster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *