Bagaimana Mengoptimalkan SEO Pada Website WordPress

1. Ingat Konten adalah Raja, jadi buatlah konten yang menarik, jelas dan mudah dipahami, orang datang ke website kita adalah untuk mencari jawaban dari pertanyaannya di mesin pencari, jadi jika konten kita menarik dan sesuai yang diharapkan si pengunjung maka pengunjung itu akan merasa senang dan website kita bisa menjadi referensi bagi si pengunjung. Buatlah konten yang detail dan artikel yang memenuhi standart SEO seperti menulis konten yang setidaknya minimal 600 kata. dan jangan lupa selalu update konten yang menarik dan memberi solusi bagi pengunjung.

2. Optimalkan Konten dengan Keyword, percuma juga jika kita membuat konten yang bagus tapi tidak terbaca oleh mesin pencari, maka dari itu optimalkan konten anda sehingga mudah ter indek di mesin pencari dan mendapatkan peringkat di halaman pertama. Masukkan kata kunci di artikel Anda dan jangan lupa jika Anda menggunakan tag h2 atau h3 selalu sertakan juga kata kunci di dalamnya.

3. Desain website, buatlah website anda yang menarik dan juga responsif, sehingga pengunjung tidak bosan dan senang membaca artikel anda, tata layout website anda dengan menarik, dengan font yang enak dibaca. untuk responsif itu sangat penting, karena zaman sekarang ini banyak sekali pengunjung yang browsing menggunakan smartphone, jadi buatlah website anda otomatis menyesuainkan dengan device dari setiap pengunjung sehingga pengunjung merasa nyaman mengakses website anda. jika anda membutuhkan template WordPress yang responsif dan SEO friendly tidak usah bingung karena di centerklik sudah banyak sekali template website yang responsif dan tentunya dengan desain yang sangat bagus dan gratis, silahkan lihat Kumpulan Template Gratis WordPress Responsive Best Desain.

4. Optimalkan SEO pada gambar, Jika diwebsite anda menggunakan gambar untuk mempercantik konten, maka jangan lupa mengoptimalkan SEO pada gambar tersebut, untuk mengoptimalkan SEO pada gambar gunakan plugins WordPress SEO Friendly Image. Gambar juga merupakan salah satu sumber datangnya trafik selain konten. Karena juga banyak orang menggunakan pencarian gambar melalui mesin pencari. Jika Anda tidak ingin menggunakan plugin tersebut, Anda bisa selalu mengisi manual pada tag “alt” dan “description” setiap mengupload dan menggunakan gambar untuk disertakan dalam artikel Anda.

5. Buat Sitemaps xml pada website anda dan submit sitemap.xml website anda ke Google webmastertool dan Bing webmastertool, sehingga url website anda akan terdaftar di mesin pencarian Google dan Bing. Dengan cara ini mesin pencari akan lebih mudah dalam merayapi situs Anda dan akan mendapatkan index yang lebih cepat.

6. Buat permalink website wordpress anda yang SEO Friendly, untuk melihat cara merubah permalink lihat di artikel Cara Mengatur Settings pada WordPress. Permalink atau URL yang cantik terbukti ampuh dalam persaingan di peringkat hasil pencarian, dan pada bagian ini jangan lupa untuk juga selalu masukkan kata kunci pada URL karena URL selalu dibaca oleh mesin pencari dalam menemukan artikel.

7. Buat nama domain website anda dari non-www ke www atau sebaliknya, pilih salah satu. karena untuk menghidari duplicate konten dengan cara memasukkan script dibawah ini ke .htaccess. Atau juga bisa Anda membeli nama domain yang mengandung kata kunci yang Anda bidik.

?
1
2
3
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^centerklik.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ https://www.centerklik.com/$1 [L,R=301]

8. Optimalkan konten dengan Judul H1 dan untuk subjudul H2-H3, karena mesin pencari google sangat senang dengan konten seperti ini. Dengan cara ini menjadikan google lebih memahami konten yang terstruktur dan lebih jelas. Konten dengan tag yang jelas akan diutamakan oleh google untuk ditampilkan di halaman pertama.

9. Gunakan Share Social Networking di website dan konten anda, sehingga dengan mudah website anda dapat di share di berbagai macam media sosial untuk mempromosikan maupun membagikan artikel yang anda buat. untuk pilihan plugin Share sosial lihat di artikel Plugins Keren Floating Social Bar WordPress disitu dijelaskan juga cara penggunaanya.

10. Gunakan Plugin All in one SEO atau WordPress SEO Yoast di WordPress anda, plugin ini terbukti ampuh dalam meningkatkan SEO pada wordpress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *