Mengenal Algoritma pada Google

jubla
jubla
Algoritma Google dan mesin pencari lainnya dirancang dengan tujuan agar para pencari dapat menemukan jawaban yang ter relevan terhadap pertanyaan yang dicari oleh mereka dari triliunan halaman web yang ada di internet. Jadi Algoritma Google dirancang untuk mengerjakan 3 hal, yaitu
  1. Menghilangkan halaman yang tidak relevan
  2. Menyatukan halaman yang relevan
  3. Menyusun halaman yang relevan guna menemukan jawaban yang paling relevan
Sebab tidak ada satu faktor yang cukup membantu guna memperoleh ketiga hal tersebut, dan dengan begitu mesin pencari akan memakai begitu banyak algoritma guna menghitung ratusan faktor. Rumus dari Algoritma tersebut tidak pernah diumumkan; namun dari banyak percobaan para pelaku SEO di luar sana dirangkum beberapa faktor umum, misalnya :
  • Kualitas link: Jumlah, kualitas, dan teks jangkar yang digunakan pada link masuk
  • Konten: Kualitas dari konten, frekuensi update, jumlah kunjungan dan jumlah bagikan di media sosial
  • Parameter Brand: Seberapa terkenal brand dari usaha, dan seberapa sering brand dikutip di dunia maya
  • Faktor Onpage: Title tag, Desain responsif, kecepatan muat halaman, struktur halaman, dll
Salah satu hal yang wajib diketahui ketika anda baru mempelajari SEO yaitu faktor-faktor tersebut dinamis serta dapat berubah setiap waktu. Oleh karena itu terdapat kelompok orang yang disebut pelaku SEO, yakni orang-orang yang bertugas untuk mengamati perubahan yang terjadi pada mesin pencari.
Perubahan yang terpenting di dalam algoritma Google selama 4 tahun belakangan yang ada pada 3 algoritma utamanya; yakni hummingbird, penguin serta panda.

Hummingbird

jubla

Hummingbird merupakan algoritma utama dari google yang didesain dengan mengadakan faktor pentingnya penggunaan perangkat mobile dalam pencarian. Hadirnya hummingbird maka faktor responsive design akan sangat penting bila dibandingkan sebelumnya. Dan kini merupakan sangat penting guna memastikan halaman website dapat bekerja responsif guna semua ukuran layar gadget.

menambah pentingnya halaman web yang mobile friendly, algoritma hummingbird juga memperkenalkan konsep pencarian yang kontekstual. Jadi Google sekarang tidak hanya menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang kita masukkan tetapi juga akan mengenai kata kunci yang sangat kuat relasinya dengan kata kunci yang kita masukkan.

Panda

jubla

Panda merupakan algoritma yang bekerja bersama hummingbird guna mensortir faktor onpage dari suatu halaman web. Terdapat cukup banyak orang yang dulunya menggunakan halaman web dengan spam serta mengulang-ulang kata kunci yang kemudian hilang bahkan sulit untuk memperoleh ranking di kata kunci yang persaingannya begitu ketat. Baca Juga : Buat Blog 1 Niche vs Banyak Niche, Mana yang Anda Pilih?

Halaman-halaman yang spammy serta menumpuk kata kunci tersebut masih dapat ditemukan masuk dalam ranking 10 besar pada kata kunci yang persaingannya rendah atau pada kata kunci yang memang terdominasi oleh halaman-halaman web yang spammy.

Penguin

jubla

Algoritma Penguin dirancang sebagai alat pengantisipasi perkembangan teknik black hat dari teknik link building. Apabila algoritma Panda bermain di ONPAGE, maka algoritma Penguin akan bekerja pada bagian OFFPAGE serta menelusuri kualitas dari backlink.

Intinya adalah apabila anda hendak mengoptimasi mungkin akan baik-baik saja, dan usahakan untuk menghindari hal-hal yang tergolong dalam kategori spam pada setiap algoritma. Dan pastinya guna mendapatkan ranking anda tidak hanya harus menghindari yang dilarang namun juga wajib melakukan apa yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *