Mengenal Sejarah Awal Mula Lahirnya SEO

Seacrh Engine Optimization (SEO) sudah menjadi sangat familiar belakang ini, Bagi para kalangan blogger SEO merupakan satu kewajiban yang harus di kuasai. Berbagai macam cara di lakukan untuk menjalankan online marketing walau dengan kursus SEO yang mempelajari mengenai teknik dari digital marketing.

karena dengan optimasi SEO blog atau website tersebut gampang di temui pada mesin pencari dan tentunya harapan para blogger blog mereka berada pada posisi nomor satu terutama di mesin pencari google yang sampai saat ini menjadi mesin pencari number wahid di dunia. Pengertian SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah jelas supaya web/blog kita selalu berada di halaman terdepan dan teratas dari suatu search engine, sehingga dengan selalu diatas, maka besar kemungkinan web/blog kita sering dikunjungi.

Menurut Danny Sullivan teknik SEO ini pertama kali muncul melalui pesan spam yang terposting di Usenet. Pada saat Algoritma mesin pencari masih sederhana sehingga mudah dimanipulasi oleh webmaster. Sejarah awal lahir nya SEO ini pertama kali di gunakan pada tanggal 26 Juli 1997, yang pada saat itu di karenakan karena Algoritma masih sepenuhnya bergantung pada Meta Tag di Kode Html maka memudahkan para webmaster untuk memanipulasi meta tag dengan menuliskan kata kunci yang tidak relevan dengan konten situs yang sebenarnya. Hal ini menimbulkan kesalahan pemeringkatan dan penempatan situs tersebut pada mesin pencari.

Larry Page dan Sergey Brin dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub sebuah mesin pencari yang sepenuhnya mengandalkan algoritma matematis untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut yang dinamakan PageRank merupakan nilai fungsi matematis yang kompleks dari kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas bobot masing-masing link tersebut dengan skala antara 1–10.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki peringkat yang tinggi. Jadi nilai sebuah link dari situs seperti Yahoo! bernilai lebih besar daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web yang tak dikenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *