Menulis Artikel SEO Friendly

Belajar SEO

Berikut adalah Teknik Cara menulis SEO Friendly

1.  Riset Kata Kunci

Paham cara menulis yang baik dan SEO untuk blog belumlah cukup, karena buat apa misalnya kita menulis dan akhirnya bisa ranking 1 di google tapi ternyata tema tulisannya tidak ada yang mencarinya, misalnya saja hanya dicari 10 kali dalam sebulan. Untuk itu, saran kami, sebaiknya pilihlah yang kata kuncinya dicari minimal 5000 kali dalam sebulan.

Alat yang biasa digunakan adalah Google Adwords Keyword Planner. Dengan bantuan tools ini maka kita bisa dengan mudah tahu persis berapa kali satu kata kunci diketikkan di google serta bagaimana level pencariannya, apakah rendah, sedang atau tinggi. Selain itu, bagi yang blognya sudah dilengkapi dengan Iklan Adsense juga bisa tahu berpa perkiraan harga per klik dari kata kunci tersebut sehingga sangat membantu dalam meningkatkan jumlah penghasilan per harinya.

Walau bagaimana pun, sebelum optimasi kata kunci dan artikel maka membuat template seo friendly juga jadi faktor utama dalam menaikkan ranking artikel di mesin pencari, karena sebelum algoritma membaca artikelnya maka ia akan lebih dulu membaca ‘struktur template’nya terutama dalam hal penataan tag heading yang merupakan rahasia dibalik semua kesuksesan tersebut. Untuk itu, setelah mengetahui rahasianya, pastikan tahu juga cara mengganti template blog anda.

2.  Perbaiki penulisan judulnya

Banyak kita temui blogger yang belum paham sama sekali soal seo menulis judul postingannya seadanya saja, tanpa mempertimbangkan kata kunci di dalamnya. Untuk itu kami sarankan pada saat menulis artikel memperhatikan beberapa trik ini:

  1. Mendahulukan penempatan kata kunci di awal kalimat. Ini bisa meningkatkan kemampuan bersaing anda dibanding yang meletakkannya di bagian akhir hingga pada url-nya tidak tercantum, terutama yang menggunakan blogger yang mana sering kali urlnya otomatis disingkat karena terlalu panjang.
  2. Hindari menggunakan judul yang serupa dengan artikel sebelumnya, mislanya perbedaannya hanya ditambahkan angka atau satu kata setelahnya. Ini salah satu trik seo terbaru dalam menulis artikel, karena faktanya, banyak blog yang akhirnya harus kehilangan hingga 50% trafik blognya karena judul artikelnya dianggap nyepam. Solusinya adalah cukup ketikkan kata utamanya sedang keterangan lainnya masukkan pada kalimat pertama pada paragrah awal.

3.  Perhatikan jumlah karakter / kata artikelnya

Seandainya bukan karena menghindari blog blogspot saya diserang orang, saya akan memperlihatkan bukti dimana sebagian besar artikel yang saya tulis dengan sangat panjang selalu menjuarai halaman pertama dan bahkan ranking satu di google. Dan memang algoritma google saat ini selalu memenangkan artikel dengan jumlah suku katanya paling banyak

4.  Berikan perhatian penuh pada pragraf pertama

Beberapa sumber menyebutkan bahwa kalau ingin menulis dengan teknik seo yang baik maka salah satunya adalah usahakan kata kunci disertakan pada 100 kata pertama yang anda tulis, atau paling tidak ada antara kalimat pertama dan kedua. Anda pun bisa melakukan riset untuk ini, coba saja ketik sebuah kalimat di google, maka yang masuk halaman 1 selalu menunjukkan cetak tebal pada paragraph pertamanya yang mana itu juga terdapat pada judulnya.

Mungkin kamu juga menemui banyak blog yang pada paragraf terakhirnya diberikan cetak tebal atau bold juga, ini bisa saja dilakukan tapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam memberi bold pada kata atau kalimat yang sama karena akan menimbulkan kecurigaan dari ‘laba-laba’ google.

5.  Latent Semantic Indexing (LSI)

Trik cara menulis artikel yang SEO Friendly kali ini bisa dibilang paling joss… dalam menarik perhatian google agar memberi kita ranking yang baik, dan jika di-bahasa-Indonesia-kan ini bisa diartikan dengan “kelompok kata atau suku kata yang memiliki kesamaan atau relevansi dengan keywordyang dibidik, atau ini bisa juga didefenisikan dengan sinonim atau kata yang mempunyai topic yang sama. Anda mungkin tidak akan menemukan tips ini di blog lain, apalagi yang hanya ikut-ikutan posting soal tema ini, karena ini sebenarnya hanya dilakukan oleh para Master blogger, terutama yang dari luar negeri. Penulis sendiri bahkan sudah pernah melihat video pernyataan langsung dari pihak google mengenai pengaruh dari teknik ini.

Sebelum menulis artikel maka usahakan lakukan ini, caranya bisa dengan mencoba mengetikkan di mesin pencari judul yang akan kita tulis, nah lihat di bagian paling bawah, setelah 10 blog yang ada di halaman pertama, ada beberapa alternative pencarian kan, nah itulah yang anda catat dan usahakan dimasukkan dalam secara acak dalam paragraf artikel anda. Tapi jangan sampai mengulang terlalu banyak karena akan menimbulkan efek sebaliknya.

6.  Optimasi dengan Backlink

Walau algoritma google diupdate ribuan kali pun tetap saja yang namanya backlink selalu menjadi perhatiannya walau mungkin porsinya saja yang dikurangi atau diperketat. CaraSpot menyarankan untuk memberi tautan ke halaman artikel yang telah di tulis dengan “link yang ber-pagerank”, tapi ingat! Jangan terlalu berlebihan, anda bisa menjadwalkannya dalam sehari beri 3 link saja, besok dan seterusnya lanjutkan lagi dengan anchor text yang bervariasi. Akan lebih baik mencari backlink yang ada dalam artikel, bukan komentar, karena menurut release dari Google sendiri bahwa sekarang ini mereka banyak memberi penalty pada jutaan blog yang melakukan spam dengan jalan berkomentar, untuk itu, mulai sekarang hentikan tindakan seperti itu. Lebih baik 1 backlink tapi berkualitas, yakni tautan dalam artikel, dari pada ada ratusan tapi semua tidak berkualitas.

7.  Amati teknik SEO Pesaingmu

Bisa jadi semua cara menulis artikel SEO yang disebutkan di atas sudah anda lakukan, tapi bila blog lain menerapkan teknik lain dari hasil eksperimennya dan ternyata berhasil Ranking #1, maka tak ada kata tidak, Anda harus mengamati dan menganalisa apa saja rahasia dari teknik yang ia lakukan. Caranya adalah dengan memperhatikan caranya menulis, terutama bagaimana kalimatnya disusun, penempatan kata kuncinya dalam artikel, seberapa banyak pengulangan keyword dalam artikelnya dan lain sebagainya yang bisa jadi walau sepeleh kelihatannya tapi jadi pemicu peringkatnya bisa lebih baik dari blog anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *